Contoh Teks Ulasan Singkat

Contoh Teks Ulasan – Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebuah goresan pena yang bermutu. Tulisan tersebut dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah teks ulasan. Untuk bisa mengkritisi karya orang lain dengan baik, Anda harus mengenal ciri-ciri, sistematika penulisan, dan contoh-contoh teks ulasan, sebelum Anda mencoba membuatnya sendiri.



Pengertian Teks Ulasan


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Teks ulasan ialah sebuah goresan pena yang berisi ulasan/penilaian/review terhadap sebuah karya milik orang lain. Karya tersebut bisa berupa film, buku, novel, cerpen, drama, lagu, dan lain sebagainya. Pada ketika mengulas sebuah karya milik orang lain, penulis wajib bersikap kritis serta tidak tendensius (tidak memihak atau bersikap netral), demi kemajuan karya tersebut di kemudian hari.


Ciri-Ciri Teks Ulasan


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Agar bisa disebut sebagai teks ulasan, maka ada beberapa ciri-ciri yang harus dipenuhi antara lain:


1. Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

2. Memuat informasi menurut pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya orang lain.

3. Opini yang ditulis harus menurut fakta yang diinterpretasikan.

4. Teks ulasan dikenal pula dengan istilah lain yaitu resensi.


Struktur Teks Ulasan


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Dalam sebuah teks ulasan yang baik dan benar, harus terdapat poin-poin struktur sebagai berikut:


a. Orientasi


Bagian orientasi ini memuat mengenai pengenalan citra umum ihwal sebuah karya yang akan diulas oleh penulis. Tujuan poin orientasi ini ialah biar pembaca bisa mengetahui apa karya yang akan diulas oleh penulis.


b. Tafsiran


Bagian tafsiran ini memuat secara detail mengenai keunikan, keunggulan, kualitas, atau kepingan karya yang diulas oleh penulis.


c. Evaluasi


Evaluasi ialah pandangan obyektif pengulas terhadap sebuah karya yang sedang diulasnya. Pandangan penilaian ini dilakukan sehabis tafsiran, biar pengulas bisa menawarkan review mengenai kekurangan dan kelebihan dari sebuah karya.


d. Rangkuman


Rangkuman merupakan kesimpulan ulasan dari sebuah karya. Biasanya, pengulas akan menawarkan komentar apakah karya tersebut berkualitas atau tidak.


Contoh Teks Ulasan Lagu


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Judul: “Heal The World” Lagu Penggugah Kemanusiaan

Pengulas:


Orientasi


Heal The World ialah sebuah lagu yang dirilis pada tahun 1991 oleh King of Pop dunia Michael Jackson. Heal The World dirilis dalam sebuah album yang berjudul “Dangerous” dengan cover album yang bergambar tangan mengangkat bumi yang penuh dengan perban luka.


Heal The World dalam bahasa Indonesia berarti Menyembuhkan Bumi. Lagu dengan durasi mencapai 6 menit 22 detik ini menceritakan ihwal keinginan dan harapan biar insan bisa menjadikan bumi sebagai kawasan yang lebih baik bagi generasi berikutnya. Lagu ini menyerukan permintaan perdamaian dan mengkampanyekan kehidupan yang menurut cinta serta kasih sayang antar umat manusia.


Tafsiran


Pada awal lagu, penonton dan pendengar disuguhi dengan adegan anak kecil yang membaca sebuah syair. Anak kecil tersebut membacakan syair mengenai generasi muda yang ingin melihat dunia menjadi kawasan yang lebih baik bagi keturunan mereka kelak. Anak kecil itu berfikir bahwa insan sanggup menjadikan dunia sebagai kawasan yang lebih baik.


Jika insan mau berusaha, insan bisa melihat kebahagiaan tanpa mencicipi ketakutan atau kengerian. Cinta saja cukup untuk menciptakan dunia ini tumbuh lebih baik. Lirik dalam lagu ini memberitahukan bahwa perang yang terus berlangsung tak akan pernah menciptakan dunia menjadi lebih baik.


Evaluasi


Saat pertama mendengarkan lagu ini, Anda akan disuguhi dengan alunan melodi musik yang menyentuh jiwa. Alunan melodi pop melankolis yang disusun oleh Michael Jackson benar-benar menciptakan atmosfer pendengarnya terbangun dan tersentuh. Michael Jackson kemudian menyuguhkan lirik dengan makna yang begitu mendalam. Tak ada seorang pun yang tak tergugah ketika mendengarkan lirik lagu ini.


Namun, kelemahan lagu ini terletak pada durasinya yang terlalu lama. Bagi orang yang bukan fans fanatik sang King of Pop, mendengarkan lagu ini yang usang dengan lirik kepingan final yang terus diulang-ulang akan menimbulkan kebosanan.


Rangkuman


Lagu ini benar-benar mempunyai makna dan emosi yang mendalam. Liriknya benar-benar menggugah kembali dan mempertanyakan dimana rasa kemanusiaan kita selama ini. Di tengah perang yang terus berkecamuk demi ambisi kekuasaan, contohnya di Timur Tengah, lagu ini memotivasi kita untuk merenungkan kembali apa arti kedamaian yang sesungguhnya.


Contoh Teks Ulasan Novel


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Judul : Menemuimu dalam Doa


Orientasi


Menemuimu dalam Doa ialah sebuah novel drama percintaan yang ditulis oleh Hamida Surya. Novel ini menceritakan jalan hidup tokoh utamanya yang berjulukan Indah. Diceritakan, Indah ingin melupakan mantan kekasihnya, meskipun setiap hari ia masih selalu terbayang-bayang dengan kenangan manis yang pernah dilalui bersama mantan kekasihnya tersebut.


Tafsiran


Indah ialah seorang gadis biasa berumur 19 tahun. Ia hidup di keluarga yang terbilang cukup. Ia hidup menyerupai gadis belia pada umumnya. Namun, hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan Galih. Perkenalan tak sengaja lewat media umum itu ternyata membuka lembaran kisah gres dalam hidup Indah. Apalagi, ternyata Galih ialah sepupu dari sahabat bersahabat Indah.


Pendekatan yang dilakukan oleh keduanya mengantarkan mereka untuk menuju ke tahap korelasi yang lebih serius yaitu pacaran. Namun, ternyata api cinta harus padam diantara mereka sehabis korelasi pacaran itu setahun terjalin. Setelah putus, mereka kembali hidup menyerupai sebelumnya dan berusaha tak saling mengenal satu sama lain lagi.


Hingga pada hasilnya 4 tahun kemudian mereka kembali bertemu. Pertemuan ini menghidupkan kembali memori usang yang dulu pernah ada. Hingga pada hasilnya korelasi mereka kembali terjalin. Namun, ia final cerita, Indah terpaksa harus meninggalkan Galih alasannya ialah ia merasa Galih tak lagi mau mendengarkan apa yang baik untuk dirinya. Ia memutuskan menyimpan Galih dalam doa saja.


Evaluasi


Novel Menemuimu dalam Doa ialah novel Teenlit yang sesuai dengan gejolak kehidupan remaja. Bahasa yang dipakai oleh penulis ringan dan gampang dimengerti oleh para pembacanya. Novel ini menggambarkan bagaimana seorang cukup umur dihadapkan pada dua pilihan antara melupakan atau terus mendoakan orang yang ada di hatinya.


Rangkuman


Novel cukup umur romantis ini menitikberatkan pada usaha melawan konflik antara pikiran dan hati yang terjadi di usia muda. Alur tak sejalan antara apa yang dikatakan oleh otak dan hati memang kerap terjadi. Novel ini menampilkan realita kehidupan cukup umur yang Nampak nyata. Namun, cover depan novel ini dirasa kurang menarik dan terkesan mati, tak sesuai dengan isi bahasan dalam novel itu sendiri.


Contoh Teks Ulasan Film


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Judul: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk


Orientasi


Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk ialah sebuah film pembiasaan dari sebuah novel klasik Indonesia karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013 dan dibintangi oleh artis berbakat menyerupai Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahardian. Film ini juga disutradarai oleh Sunil Soraya dan menjadi salah satu karya suksesnya di tahun 2013.


Tafsiran


Film ini menceritakan ihwal lika-liku kehidupan Zainudin pada tahun 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Disana ia bertemu dengan Hayati dan eksklusif jatuh hati, namun kisah cinta mereka terhalang perbedaan suku, derajad ekonomi, dan juga takdir yang lebih membawa Hayati untuk dinikahi oleh Aziz.


Evaluasi


Film berdurasi 2,5 jam ini menunjukkan situasi Indonesia pada tahun 1930an, namun usaha untuk menampilkan atmosfer klasik dalam film ini kurang berhasil. Alur dongeng terkesan lambat dan ada beberapa kepingan yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas, alasannya ialah melodi yang dipakai terkesan modern.


Rangkuman


Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan menyerupai dari alur dongeng yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum apik menciptakan film ini menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2013. Kata-kata puitis sepanjang film membuatnya menarik untuk ditonton dan menambah khasanah pengetahuan.


Contoh Teks Ulasan Buku


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Orientasi


Judul buku: Cinta Brontosaurus

Penulis: Raditya Dika

Penerbit: Gagas Media

Tahun terbit: 2006


Sinopsis


Seorang penulis berjulukan Dika gres saja putus cinta dari Nina. Sejak itu, ia percaya bahwa cinta ada kadaluarsanya. Namun, Kosasih yang merupakan biro naskah Dika berusaha membangkitkan kepercayaan Dika kembali terhadap cinta. Usaha ini menempatkan Dika pada perkenalan dan perjumpaan abstrak dengan banyak sekali wanita.


Hingga tanpa disengaja Dika berjumpa dengan Jessica yang ternyata mempunyai jalan pemikiran sama anehnya dengan Dika. Di sisi lain, Dika mendapat tawaran film dari bukunya yang berjudul Cinta Brontosaurus. Namun, duduk masalah lain tiba ketika naskahnya harus diubah menjadi genre film horor yang ketika itu sedang tenar. Padahal buku itu mengisahkan pengalamannya memahami cinta.


Penilaian


Tampilan buku ini sangat menarik dengan cover yang terlihat ceria. Isi buku cukup mengaduk emosi pembacanya dengan adonan kisah komedi, cinta, hingga kehidupan sehari-hari. Bahasa dalam buku ini sangat menggambarkan kehidupan anak muda zaman kini yang terbiasa dengan bahasa gaul daripada bahasa Indonesia yang baik. Meskipun final ceritanya mengambang dan banyak kata vulgar.


Kesimpulan


Dibalik segala kelebihan dan kekurangannya, buku ini mengundang minat banyak orang alasannya ialah nama besar penulisnya. Sisi humor Raditya Dika dituangkan dalam buku ini dan bisa menghibur setiap pembacanya.


Contoh Teks Ulasan Cerpen


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Orientasi


Judul cerpen: Aku, Ibu, dan Takdir

Penulis: Bahtari Anugerah

Tahun terbit: 2015


Review


Cerpen ini memuat kisah kerasnya kehidupan yang harus dilalui oleh seorang gadis berjulukan Bella yang harus terpisah dari ibu kandungnya. Sejak kecil ia harus hidup bersama neneknya. Ayahnya tak tahu pergi kemana, sedangkan ibunya harus bekerja jauh.


Saat usia Bella sudah 15 tahun, ia mulai bertanya siapa dan dimana ibunya berada. Namun, sayangnya sang nenek yang sudah bau tanah tak lagi mengingat siapa ibu dari Bella sebenarnya. Hingga hasilnya Bella memutuskan untuk mencari keberadaan ibunya. Singkat cerita, Bella justru harus menelan kenyataan pahit bahwa yang ia temui justru ialah jasad ibunya yang terbaring lemah.


Penilaian


Cerpen ini dipenuhi dengan alur kesedihan, namun alurnya terperinci dan ringkas. Namun, cerpen ini tak menceritakan misteri masa kemudian sang ibu dan juga alasannya meninggalkan sang anak. Sehingga pembaca akan kesulitan mencerna apa yang tolong-menolong terjadi.


Kesimpulan


Cerpen ini layak dibaca biar kita bisa mengerti akan arti kehidupan dan selalu bersyukur. Terutama kalau pembaca masih mempunyai sosok orang bau tanah yang lengkap. Cerpen ini juga mengajarkan biar kita tidak pernah murka dengan takdir yang digariskan oleh Tuhan.


Contoh Teks Ulasan Puisi


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Orientasi


Judul: Ibu

Penulis: Cantika Ayu


Review


Puisi ini menggambarkan betapa besar jasa dan pengorbanan seorang ibu kepada anaknya. Ibu digambarkan sebagai sosok yang selalu ada untuk anak-anaknya. Pada bait ketiga puisi, penulis menyelipkan doa kepada Ibu dan berharap senyumnya tak pernah hilang. Penulis juga melantunkan sajak doa biar rezeki sang Ibu tak pernah terputus.


Penilaian


Puisi ini menggambarkan kasih sayang anak kepada seorang Ibu yang begitu besar. Ia menyadari cinta kasih sang Ibu selama ini takkan tergantikan oleh apapun di dunia. Sehingga ia hanya bisa memanjatkan doa biar sang ibu diberikan rezeki dan dlindungi Tuhan. Keunggulan puisi ini ialah bisa menghadirkan citra kehidupan sehari-hari orang bau tanah dan anak yang menyentuh.


Kesimpulan


Meskipun ada banyak sekali kekurangan, namun secara keseluruhan puisi ini layak dibaca. Puisi ini bisa menyadarkan pembaca betapa besar kasih sayang seorang Ibu dan betapa berhutangnya kita sebagai anak.


Contoh Teks Ulasan Album Lagu


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Judul album: Kotak Kedua

Penyanyi: Kotak Band

Tahun Rilis: 2008

Label: Warner Music Group


Album Kotak Kedua ini terdiri dari 12 lagu dengan single unggulannya berjudul Beraksi. Album yang dirilis Juni 2008 ini telah mendapat penghargaan AMI Award dalam kategori album rock terbaik. Secara keseluruhan, album ini sangat menarik alasannya ialah menghadirkan warna musik berbeda di industri seni Indonesia. Lagu-lagu yang ada di dalamnya bahkan juga terus didengarkan hingga sekarang.


Keunikan musik yang diusung oleh Band Kotak memang layak untuk mendapat apresiasi yang tinggi. Meskipun telah 10 tahun berlalu, album Kotak Kedua masih banyak didengarkan oleh penggemar setianya. Lagu-lagu dalam album ini sangat ekspresif dan mempunyai makna tersendiri. Ada semangat gres yang bisa dihadirkan dari setiap lagu yang dinyanyikan dalam album ini.


Contoh Teks Ulasan Singkat Novel dalam Bahasa Indonesia


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Judul: Sang Pemimpi

Penulis: Andrea Hirata

Jenis Buku: Fiksi

Penerbit: Bentang

Cetakan: Juli 2006


Sang Pemimpi ialah novel kedua Tetralogi Laskar Pelangi. Novel ini menceritakan ihwal lika-liku jalan hidup penulis yang digambarkan dalam sosok Ikal bersama teman-temannya dalam jerat kemiskinan. Di tengah kenakalan masa-masa SMA, Ikal dan teman-temannya tetap berjuang mengejar mimpi untuk bisa bersekolah ke luar negeri dan menggapai cita-citanya.


Novel dengan bahasa yang puitis ini bisa menyihir pembaca untuk bisa ikut mencicipi kesedihan, kebahagiaan, keputusasaan, dan semangat. Selain itu, novel ini juga diselingi dengan lawakan cerdas yang bisa menggelitik pola pikir pembacanya.


Meskipun merupakan buku kedua dari Laskar Pelangi, namun novel ini tak ada kaitannya sama sekali dengan Laskar Pelangi buku pertama. Namun, pesan yang ingin disampaikan tetap ada, yaitu jangan hingga kemiskinan menghalangi kita untuk mewujudkan mimpi. Kisah dalam novel ini mengakarkan pembaca akan pentingnya kerja keras dan semangat pantang menyerah.


Contoh Teks Ulasan Novel Singkat


 Sikap kritis seseorang terhadap sebuah karya milik orang lain bisa dituangkan dalam sebua Contoh Teks Ulasan Singkat
Contoh Teks Ulasan

Judul: Surat Untukmu Sahabat

Penulis: Bunga Riska Nizam

Penerbit: Aletta Pictures

Tahun Terbit: 2013


Novel ini menceritakan mengenai surat terakhir untuk seorang sahabat yang menderita kanker berjulukan Keke. Sudut pandang dari 5 orang sahabat yang mengalami masa-masa berat ketika harus ditinggalkan oleh seorang sahabatnya alasannya ialah penyakit kanker. Mereka terpaksa tak bisa melalui masa Sekolah Menengan Atas bersama secara lengkap.


5 orang sahabat ini kembali berkumpul di penghujung tahun untuk berziarah di makam Keke. Mereka pun membaca surat yang dituliskan oleh sahabatnya sebelum meninggal. Kelebihan novel ini sangat terasa ketika penulisnya bisa menggiring emosi pembaca untuk ikut terhanyut dalam dongeng persahabatan yang penuh kesedihan dan berusaha memaknai arti kehilangan orang terdekat.


Novel ini disajikan dengan kosakata dan kalimat yang gampang sekali dipahami. Persahabatan memang menjadi tema yang sangat menarik dan terkenal di kalangan cukup umur sebagai salah satu materi untuk menghargai kehidupan. Pada akhirnya, novel ini menyuguhkan pelajaran bahwa kehilangan bukan berarti harus diratapi dengan kesedihan terus menerus tanpa henti.


Masih banyak pola teks ulasan lain ihwal karya seni. Setelah ini Anda pun bisa mencoba berlatih menciptakan teks ulasan sesuai dengan kaidah-kaidah dan pola di atas.


Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih


Contoh Teks Ulasan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Rujukan Mading 3D Keren Beserta Tips Membuatnya, Dijamin Gampang !

Kumpulan Surat Niaga Penawaran, Pemesanan, Dan Undangan (Rekomendasi)