7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya !

Cara Memegang Raket – Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukti atlet-atlet muda bulutangkis Indonesia yang berprestasi yang telah membawa nama Indonesia hingga di tingkat Internasional. Untuk menjadi pemain olahraga bulutangkis handal sangat penting untuk anda mengetahui hal – hal dasar Cara memegang raket dengan bernar dan juga tepat.


Olahraga bulutangkis merupakan Olahraga yang sering memakai pergelangan tangan serta gerakan kaki dengan cepat, gerakan pergelangan tangan harus dilakukan dengan benar lantaran akan sangat memilih kualitas pukulan dikala bermain. Beberapa cara memegang raket bulutangkis dengan benar dan sempurna yang perlu anda ketahui biar menghasilkan kualitas pukulan yang bagus.



Cara Memegang Raket Forehand Grip


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Setiap olahraga mempunyai teknik tersendiri untuk cara memainkan nya. Olahraga bulutangkis mempunyai teknik untuk memegang raket dengan benar serta memainkan pergelangan tangan yang sangat besar lengan berkuasa untuk kualitas pukulan setiap pemain dan di bantu dengan selalu latihan dengan rutin untuk mengasa kemampuan anda menjadi meningkat setiap hari nya pada dikala anda latihan rutin.


Teknik memegang raket bulutangkis di namakan forehand grip, teknik ini cukup sederhana untuk dilakukan oleh pemain.



  1. Cara memegang raket bulutangkis dengan pegangan telapak tangan menghadap ke depan menyerupai berjabat tangan dengan seseorang dan harus dilakukan dalam posis miring anda sanggup mengunakan tangan kiri maupun kanan sesuai kebiasaan anda dan sesuai teknik.

  2. Selanjutnya pada dikala anda memegang kepingan pegangan raket, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan dan memastikan terbentuk abjad V oleh ibu jari dan telunjuk sebagai celahnya lantaran hal tersebut mengambarkan cara anda memegang sudah cukup benar.

  3. Serta gunakan jari – jari tertentu untuk memegang dengan sempurna akan menghasilkan pukulan dengan kulitas yang elok dan sesuai.

  4. Lalu gunakan tiga jari biar seimbang yaitu jari tengah, jari manis dan jari kelingking menggenggam raket biar berat yang di hasilkan raket sanggup seimbang sedangkan jari telunjuk agak terpisah bertujuan sebagai pendorong raket ke arah depan ketika memukul forehand.

  5. Teknik forehand harus di praktikan pada dikala latihan setiap hari nya biar hasil pukulan akan terlatih dan berkualitas.


Cara Memegang Raket Backhand Grip


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Teknik cara memegang bulutangkis dengan benar dengan memakai teknik backhand, teknik ini biasa digunakan oleh pemain bulutangkis di negara Inggris, teknik backhand hampir sama dengan teknik forehand, cara memegang raket dengan posisi miring dan posisi  pegangan backhand yang berbentuk V agak sedikit masuk ke dalam kemudian pegang raket dengan erat dikala mengayunkan nya.



  1. Teknik handback agak sedikit masuk kedalam maksutnya yaitu posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket.

  2. Teknik ini lebih terfokus kan dengan posis ibu jari.

  3. Teknik backhand sangat perlu untuk melemaskan juga jari telunjuk dan bergeraklah secara lebih erat ke kepingan jari tengah dengan begitu pukulan akan berkualitas.


pada cara memegang raket bulutangkis dengan teknik ini akan sulit bagi lawan untuk memperkirakan arah pukulan anda. Perlu nya memakai dan menempatkan ibu jari anda di permukaan yang lebih luas dari cengkeraman bulu tangkis. Menggunakan teknik handback sedikit sulit oleh lantaran itu perlu nya anda untuk selalu latihan untuk memperlancar teknik handback tersebut.


Cara Memegang Raket Amerika Grip


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Cara memegang raket bulutangkis selanjutnya yaitu dengan memakai teknik american grip atau bisa disebut juga dengan frying pan, teknik ini biasanya di pakai oleh pemain atlet – atlet bulutangkis amerika. Teknik ini di gunakan untuk melaksanakan dan mengembalikan pukulan servis dan pada permainan net yang membutuhkan pukula pendek untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas.


Cara memegang raket bulutangkis dengan teknik american grip ini



  1. Pertama – tama ibu jari dengan jari telunjuk melekat pada kepingan pegangan raket yang luas atau lebar menyerupai memegang stik drum

  2. Lalu pegang dan angkat raket hingga bidang raket sejajar dengan tubuh hingga ujung raket bulutangkis akan menonjol keluar di bawah telapak tangan anda untuk keseimbangan memukul.

  3. Posisi kaki pada dikala bangun harus sesuai dan seimbang biar berat tubuh yang dilakukan pada dikala mau smash lawan akan lebih seimbang dan juga pukulan yang dihasilkan akan lebih berkualitas serta menghasilkan pukulan yang maksimal.


Pada teknik american grip sangat cocok untuk digunakan pada dikala melaksanakan smash dengan benar dan sempurna sehingga lawan akan susah untuk menebak gerak – gerik anda. Namun teknik american grip ini akan cukup sulit apabila digunakan pada dikala melaksanakan netting sehingga akan menghasilkan gerakan yang kurang maksimal dan kurang efisien, ini termasuk salah satu kekurangan amerika grip.


Cara Memegang Raket Combination Grip


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Teknik cara memegang raket combination grip. Seperti yang kita ketahui, permainan bulutangkis terkenal dengan teknik pegangan raket yang beragam, tetapi teknik yang paling sering digunakan oleh pemain bulutangkis dan paling efektif yaitu kombinasi dari teknik pegangan forehand dan backhand. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk teknik yang lain sesuai dengan posisi.


Itu lantaran kombinasi dari kedua teknik tersebut lebih gampang untuk diterapkan apabila menghadapi lawan dengan gerakan yang susah ditebak. Penggunaan teknik combination grip biasanya digunakan oleh pemain yang kewalahan ketika taktik yang digunakan sudah ditebak oleh lawan. Berikut cara memegang raket dengan combination grip



  1. Raket yang dipegang dalam posisi miring.

  2. Jari telunjuk diletakkan di kepingan depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.


Untuk memperoleh hasil yang maksimal ketika memakai teknik combination grip, diharapkan latihan yang lebih. Sehingga ketika memakai teknik combination grip, refleks tubuh menjadi terbiasa dengan teknik tersebut. Melatih pergelangan tangan sambil  lompat tali sanggup menciptakan anda memperoleh hasil yang maksimal dari teknik combination grip dengan perpaduan dua teknik.


Cara Memegang Raket pada Saat Smash


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Teknik cara memegang raket bulutangkis dengan teknik posisi bangun atau kuda – kuda yang harus seseuai dan benar biar pukulan yang dihasilkan berkualitas dan sempurna sasaran. Beberapa teknik memegang raket memakai teknik smash dengan benar yaitu Pertama – tama posisi bangun pada dikala mendapatkan servis harus sesuai dengan teknik bangun serta teknik memegang raket dikala smash.



  1. pada dikala mendapatkan servis bangun dan posisi memegang raket mempunyai teknik tersendiri dan posisi berbeda dengan posisi daerah dalam permainan tunggal dengan permainan ganda.

  2. Posisi bangun untuk nomor tunggal berada di tengah garis servis untuk nomor ganda berada erat garis servis, kalau di bandingkan dengan nomor tunggal agak maju satu meter

  3. posisi kaki kanan dan kiri juga berbeda.

  4. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang untuk pemain dengan ajun posisi akan jadi stabil,

  5. setelah itu sanggup menyesuaikan posisi sesuai dengan arah kedatangan shuttle.

  6. Teknik memegang bulutangkis pada dikala teknik smash memakai american grip biar pukulan yang dihasilkan sanggup menghipnotis hasil maksimal dengan tekanan pukulan yang seimbang dan stabil.


Posisi memegang raket bulutangkis sangat besar lengan berkuasa sekali dalam kulitas pukulan  yang akan anda hasilkan. Teknik memegang raket bulutangkis dengan teknik smash akan menciptakan pukulan lebih berkualitas dan mempunyai keseimbangan yang stabil dan menghasilkan sempurna sasaran sehingga musuh akan susah untuk menebak gerakan anda dikala bermain dan gerak pukulan lebih cepat.


Cara Memegang Raket ala Inggris


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Cara memegang raket dengan teknik pegangan inggirs yakni mempunyai teknik tertentu untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas dan maksimal dengan cara, pertama – tama raket di pegang pada tangkainya atau gegaman nya kemudian kepingan tangan antara ibu jari dan jari telunjuk melekat pada kepingan permukaan tangkai raket yang sempit kemudian pegang sekuat mungkin biar hasil maksimal.



  1. Cara memegang dengan teknik pegangan ala inggris hampir sama dengan teknik pegangan amerika grip yang membedakan

  2. pegangan yang dilakukan teknik amerika grip permukaan yang sempit sedangkan cara memegang raket teknik pegangan ala Inggris dengan permukaan yang pipih akan sanggup menciptakan lawan susah menebak gerakan perlawanan yang akan anda anda lakukan.

  3. Teknik pegangan ala Inggris harus memegang nya dengan kuat serta dorongan yang sesuai untuk mengalahkan lawan serta sesuai arah pukulan yang akan anda tuju,

  4. apabila melaksanakan teknik serta cara memegang dengan benar dan dengan posisi yang sesuai, hal tersebut akan menghasilkan pukulan yang berkualitas serta sempurna sasaran sesuai arah yang anda tuju untuk melawan musuh.


Kelebihan Berbagai Teknik Cara Memegang Raket


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Pada umum nya memegang raket bulutangkis mempunyai teknik – teknik khusus untuk memegang raket bulutangkis dengan benar akan menghasilkan pukulan yang berkualitas. Melakukan teknik yang sesuai dan berlatih rutin supaya terlatih dan jago pada olahraga bulutangkis untuk menjadi atlet – atlet handal yang akan dengan bangga  membawa nama Indonesia hingga ke tingkat Internasional.


Cara memegang raket bulutangkis dengan benar mempunyai teknik – teknik biar menghasilkan pukulan yang berkualitas khusus menyerupai forehand grip, backhand grip, combination grip, Amerika grip, pegangan ala Inggris dan posisi memegang pada dikala mau smash. Setiap teknik yang di praktikan atau di gunakan mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan masing – masing.


1. Kelebihan teknik forehand grip


Yaitu teknik pegangan ini lebih gampang pada dikala memukul bola di sebelah kanan dari tubuh sehingga bola akan sangat gampang di pukul dengan pukulan yang memakai teknik pegangan forehand serta pegangan forehand pada dikala melaksanakan pukulan tidak perlu untuk memutar pegangan raket, teknik ini cukup gampang untuk di terapkan lantaran memegang raket teknik forehand termasuk dasaran.


2. Kelebihan teknik backhand grip


Yaitu pada dikala memukul shuttlecock dengan cara pegangan backhand akan menghasilkan arah bola yang sulit di duga dimana lawan pemain akan kesulitan untuk memperkiraan gerak – gerik lawan atau pukulan lawan, dengan teknik memegang  backhand ini juga akan menghasilkan pukulan yang berkualitas, cepat dan juga cukup keras untuk melaksanakan pukulan kembali untuk melawan pemain.


3. Kelebihan teknik combination grip


Yaitu pegangan dengan cara memegang raket combination grip gampang untuk mengubah tangkai raket dengan cepat dan juga sesuai menyesuaikan arah tiba nya bola pada dikala lawan pemain berusaha menyerang, pegangan dengan teknik compination grip merupakan pegangan adonan forehand grip dan handback grip yang menghasilkan pukulan berkualitas dan juga efektif.


4. Kelebihan teknik amerika grip


Yaitu pegangan American grip akan mempermudah pemainpada dikala memukul bola akan lebih gampang untuk mengarahkan bola, baik ke kanan maupun ke kiri serta dengan cara memegang raket dengan memakai teknik amerika grip akan lebih gampang untuk memukul ke atas sehingga pukulan ini biasanya digunakan untuk smash yang diberikan oleh lawan pada dikala pertandingan.


5. Kelebihan teknik ala Inggris


Yaitu cara memegang raket teknik pegangan ala Inggris dengan permukaan yang pipih akan sanggup menciptakan lawan susah menebak gerakan perlawanan yang akan anda anda lakukan, dikala anda melaksanakan pertandingan akan gampang bagi anda untuk menipu lawan pemain dengan gerakan yang susah untuk di tebak lawan pemain sehingga teknik ini cukup berkualitas dikala digunakan bertanding.


Kelemahan Berbagai Teknik Cara Memegang Raket


 Olahraga bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di Indonesia bahkan terbukt 7 Cara Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangannya !
Cara Memegang Raket

Setiap cara mempunyai kelemahan dan kelebihan masing – masing sesuai dengan kegunaan nya. Cara memegang raket bulutangkis mempunyai beberapa teknik yang setiap tekniknya mempunyai kelemahan masing – masing dimana anda harus menyesuaikan dengan  teknik yang sesuai untuk digunakan biar pukulan sanggup maksimal. Berikut kelemahan setiap teknik memegang raket bulu tangkis.


1. Kelemahan teknik forehand grip


Ketika melaksanakan pukulan forehand tidak memerlukan kekuatan lebih untuk pergelangan tangan dan tidak perlu mengeluarkan kekuatan lebih pada kepingan sendi bahu, cara memegang raket dengan teknik forehand pemain akan sedikit kesulitan dalam mengembalikan pukulan bola yang ada di depan net kepada lawan pemain bulutangkis, sehingga terjadi ketidak seimbangan dan kurang efektif.


2. Kelemahan teknik backhand grip


Yaitu memegang raket dengan teknik backhand akan lebih memerlukan kekuatan pada dikala memukul untuk pergelangan tangan dan pergelangan sendi pundak biar seimbang dan maksimal, pegangan dengan cara backhand akan menciptakan pemain kesulitan untuk memukul balik bola keras yang arah nya ke samping sebelah kanan badan,terjadi kurang nya keseimbangan pada pukulan.


3. Kelemahan teknik combination grip


Yaitu ketika anda memukul dengan pegangan combination grip akan sedikt sulit untuk di perhatikan karena pegangan dengan teknik raket combination grip akan mudah untuk memukul bola yang tiba nya ke arah tubuh, sebab  pegangan combination grip ibu jari gampang di geser. Hal ini akan sulit dan pukulan akan kurang maksimal apabila memukul bola yang tiba nya tidak  ke arah tubuh.


4. Kelemahan teknik amerika grip


Yaitu ketika bermain olahraga bulutangkis pemain melaksanakan teknik dengan cara pegangan American grip pada dikala melaksanakan pukulan backhand akan sedikit kurang efektif serta pada dikala bermain net yang bola nya berada di samping kanan dan kiri, pukulan yang dihasilkan pengangan teknik amerika grip  akan kurang maksimal dan efektif untuk melaksanakan pukulan backhand dan net.


5. Kelemahan teknik ala Inggris


Yaitu dengan cara memegang raket teknik pegangan ala Inggris dengan permukaan yang pipih akan sanggup menciptakan lawan susah menebak gerakan perlawanan yang akan anda anda lakukan tetapi di samping itu juga mempunyai kelemahan apabila pengangan dengan permukaan pipih akan gampang lepas pada dikala bermain, sebaiknya pada dikala memakai teknik ini lebih memegang nya dengan erat.


Untuk anda yang sedang mencar ilmu olahraga bulutangkis, sudah sepatutnya tau cara memegang raket yang benar dari macam-macam teknik yang telah dijelaskan diatas.


Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih


Cara Memegang Raket



Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Rujukan Mading 3D Keren Beserta Tips Membuatnya, Dijamin Gampang !

Kumpulan Surat Niaga Penawaran, Pemesanan, Dan Undangan (Rekomendasi)

Contoh Teks Ulasan Singkat